41 201309110308131

Bappeda Kota Bekasi menggelar Rapat Koordinasi Pengendalian dan Monitoring Program Pendukung Pencapaian Millenium Development Goals (MDGs) dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) bagi aparatur SKPD terkait, di NicS Cafe and Resto,Bekasi, Rabu (11/9).

Target pencapaian MDGs telah disepakati negara-negara di dunia sebagai satu paket yang terukur untuk pembangunan dan pengentasan kemiskinan.

Beberapa poin penting isi kesepakatan tersebut di antaranya komitmen pemerintah untuk mengurangi lebih dari separuh orang-orang yang menderita akibat kelaparan, menjamin semua anak untuk menyelesaikan pendidikan dasarnya

Juga, mengentaskan kesenjangan jender pada semua tingkatan pendidikan, mengurangi kematian anak balita hingga 2/3, dan mengurangi hingga separuh jumlah orang yang tidak memiliki akses air bersih pada tahun 2015.

Wakil Walikota Bekasi H Ahmad Syaikhu mengatakan Pemerintah Kota Bekasi mendukung Pemerintah Pusat dan Provinsi Jawa Barat dalam menerapkan program-program pencapaian MDGs dan peningkatan IPM masyarakat Kota Bekasi melalui program visi misi Kota Bekasi Maju Sejahtera dan Ihsan.

"Walikota Bekasi Dr H Rahmat Effendi dan saya, telah berkomitmen mewujudkan target MDGs melalui visi misi Kota Bekasi mewujudkan masyarakat Kota Bekasi Maju, Sejahtera dan Ihsan untuk lima tahun kedepan,” ungkapnya.

Akan tetapi, dikatakannya, perlu komitmen dan usaha yang keras dari stake holder pemerintah dan masyarakat Kota Bekasi untuk mencapai target MDGs dan peningkatan angka IPM Kota Bekasi.

"Kita tahu bersama nilai IPM Kota Bekasi terbaik kedua se-Jawa Barat setelah Kota Depok, dalam lima tahun ini, tapi pertumbuhannya terbilang kecil. Untuk mencapai pertumbuhan nilai satu bahkan nol koma, perlu usaha yang lebih keras lagi. Oleh karena itu, butuh keseriusan dan komitmen aparatur, para wakil rakyat dan masyarakat untuk mencapainya,” katanya.

Untuk mewujudkan masyarakat Kota Bekasi Maju, Sejahtera, dan Ihsan, pemerintah berupaya melaksanakannya dengan program-program pembangunan yang telah direncanakan. Misi Misi Bekasi Maju Sejahtera dan Ihsan tertuang dalam misi pembangunan Kota Bekasi tahun 2013-2018.

Di antaranya penyelenggaraan tata kelola pemerintahan yang baik, kemudian membangun prasarana dan sarana yang serasi dengan dinamika dan pertumbuhan kota, lalu meningkatkan kehidupan sosial masyarakat melalui layanan pendidikan kesehatan dan layanan sosial lainnya.

Kemudian meningkatkan perekonomian melalui pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah, meningkatkan investasi, serta menciptakan iklim usaha yang kondusif dan terakhir mewujudkan kehidupan masyarakat Kota Bekasi yang aman, tertib, tenteram dan damai.

Selain usaha yang keras, juga dibutuhkan strategi khusus dan penyamaan persepsi untuk mencapai IPM dan target MDGs. “Saya juga apresiasi kepada saudara-saudara sekalian yang telah hadir dan berupaya melakukan hal tersebut. Kalau bukan saudara-saudara siapa lagi yang akan melakukan,” kata H Ahmad Syaikhu.

Sementara itu, Sekretaris Bappeda Kota Bekasi Nellyana Koeman dalam laporannya mengatakan, pencapaian target IPM dan MDGs antar SKPD belum maksimal. Ia berharap dari kegiatan ini dicapai kesepahaman tujuan dalam upaya mencapai target IPM dan MDGs. Kemudian dapat menciptakan akselerasi dalam pembangunan melalui pencapaian target-target MDGs dan IPM.

Selain rapat koordinasi akselerasi pencapaian MDGs dan IPM, sekitar 150 aparatur Kota Bekasi juga mendapatkan pelatihan singkat oleh enam narasumber dari Badan Pusat Statistik (BPS) Pusat, cara menghitung IPM pada bidang pendidikan, kesehatan dan daya beli masyarakat . Tiga orang narasumber memberikan materi MDGs dan tiga narasumber lainnya mengenai IPM.

Sekitar 150 aparatur ini berasal dari Dinas Kesehatan, Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BP3AKB), Dinas Tenaga kerja, Dinas Bangunan dan Kebakaran, Dinas Sosial, Kantor Pemberdayaan Masyarakat serta unsur terkait yang berkompeten. (MC Bekasi/goeng/toeb)

Sumber : infopublik.kominfo.go.id